Capturing moment with stereo miking technique at Locstock Beatifull Sunday

Hari Minggu kemaren, 3dB jalan-jalan ke sebuah event unik yang bernama Beautifull Sunday di studio Pengerat. Event ini bagi kami unik karena disitu terdapat sebuah proses reherseal dari group/band musik yang direspon bersama oleh banyak orang notabene penonton. Kebetulan sekali karena selalu saja di dalam tas tergeletak seonggok Macbookpro, Mbox2, Sound Device 442, 2 utas XLR kabel dan sepasang pencil microphone cardioid polar bernama Josephson C42…didokumentasikanlah atmosfir audio dalam peristiwa tersebut. 

Teknis perekaman :

Kami meletakkan Josephson C42 di tengah ruangan kemudian teknik miking yang digunakan adalah stereo technique near coincident dalam hal ini adalah ORTF. Di teknik near coincident, variabel amplitude dan time menjadi hal yang signifikan ketika microphone mengcapture moment. Sedangkan routing signalnya dimulai dari Josephson C42 ke Sound Device 442 (preamp) lalu masuk ke Digidesign Mbox2, aplikasi sequencer yang digunakan adalah Protools 7.4 yang dijalankan oleh Macbookpro. Session tersebut berdurasi kurang lebih 80 menit, file sizenya sekitar 1,8 GB. Tidak lupa dihidupkan fungsi limiter di input stage Sound Device 442.

Picture 1

Asyik, session berjalan dengan lancar walaupun sering terjadi feedback dari system PA yang terpasang di dalam studio. Performa sang band bernama Lex Luthor The Hero pun luar biasa, sinergi tempo yang cepat dan skill bermusik tiap individu tergambar dengan jelas dari lagu-lagu yang mereka mainkan. Hanya saja karena ini adalah sebuah live recording session dadakan, level balancing dari setiap instrument menjadi hal yang kurang diperhatikan apalagi capturingnya dengan stereo miking. Cukup layak untuk dijadikan sebuah dokumentasi yang sangat berharga. Terlebih lagi kami puas dengan stereo image yang dihasilkan oleh ORTF. 

Lex Luthor the Hero

http://www.box.net/shared/igj3xr59q0

 

Minggu depan kami akan kembali bermain-main ke Beautifull Sunday Locstock dengan untuk mengcapture moment unik ini, tentu saja dengan stereo teknik miking lainnya…

 

Audio Engineer is an art performance….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s